Monday, August 19, 2013

Disambangi Tikus

Jadi tadi pagi waktu saya lagi asik nyiapin makan siang dan sore buat si bocah tiba-tiba ada yang nyebrang dengan sopannya dari kolong kompor menuju lemari sepatu. It took me about a half second to realize that it was a RAT!!!  ARRGGGHHHH!!!!

Sebenernya ini bukan kali pertama rumah saya kemasukan tikus. Pas hamil kemarin si makhluk kacrut itu sempet juga numpang ngobrak ngabrik dapur selama beberapa hari di rumah. Sebelnya waktu itu pas saya ngeh pertama kali kalau kemungkinan ada tikus di rumah si suami malah super santai plus gak percaya. Sampai akhirnya suatu hari pas pulang ke rumah, tiba-tiba ada toples yang jatuh ke lantai dan gak lama *jengjengjeng* tikusnya panik trus kabur ke loteng! Langsung dong si suami masuk dapur tutup pintu terus ambil palu dan ngejer ke loteng. Tapi ehyakok di atas malah gak ada. Gak tau deh itu tikusnya ngumpet dimana. Saya coba taro lem tikus, eh malah dapet cicak. Saya coba taro jebakan tikus eh malah dicuekin. Dasar tikus sok jual mahal HIHHH!!!! Cuma setelah nebar racun tikus merek DORA tiba-tiba serangan tikusnya berhenti. Mungkin si tikus mati entah dimana.

Setelah setahunan lebih bebas dari gangguan tikus, tiba-tiba beberapa minggu yang lalu saya mulai dengar bunyi "cit...cit...citt" dari arah dapur/belakang rumah. Cuma kembali si suami terlalu santai dan bilang mungkin itu di genteng atau di saluran air di dapur. Ya udah dong saya santai. Ehyakok tadi pagi oknumnya tiba-tiba menampakan diri?!?!?! HIIYYYY!!!!!! Langsung dong saya bangunin suami yang langsung inspeksi dapur. Tapi kembaliiii si tikus udah pergi entah kemana. Akhirnya kembali si jebakan tikus diberdayakan lengkap dengan teri jengki sebagai umpan. Semoga sih tikusnya ketipu terus masuk ke jebakan.

Ehtapiya loteng rumah saya emang banyak barang-barang sisa renov rumah sebelum ditempatin kemari dan kayaknya itu jadi "daya tarik" tersendiri buat si tikus mampir. Bayangin aja ada kusen kayu bekas (yang udah debuan), sisa keramik, wastafel bekas dan sisa genteng. Lotengnya pun imut-imut dan diberdayakan juga sebagai tempat jemur baju. Sebenernya lagiii saya udah gatel banget pingin jual atau buang barang-barang itu, tapi si suami gak mau. Alesannya kalo ntar mau renov rumah kan bisa dipake lagi. Iya sih bisa dipake lagi tapi kapaannnnn?!?!?! Bisa-bisa pas mulai renov rumah barang-barangnya udah keburu lapuk -______- Padahal saya mencoba bersikap praktis...daripada nimbun barang buat sarang hewan yang diinginkan mending dijual/dikasih ke orang yang saat itu lagi butuh.

Anyways akhirnya tadi saya coba konsultasi ke mbah google dan juga beberapa teman tentang cara ngusir tikus yang efektif dan efisien. Dari situ saya dapet beberapa tips yang mau coba saya praktekin:

1. Taruh kamper atau kapur barus di tempat tikus biasa lewat. Kalau dari beberapa tips yang ada disaranin sih kapurnya dihancurin. Cuma saya takut kena angin terus masuk ke minuman/makanan jadi kayaknya mau tebar gitu aja tanpa dihancurin lebih dulu.

2. Memanfaatkan kopi bubuk yang aromanya tajam atau minyak mint atau minyak kayu putih atau buah mengkudu atau kulit duren. Caranya sama, cukup ditebar di tempat tikus biasa bersarang/lewat. Kalau minyak-minyakan disiram dulu ke kardus terus baru ditaro di tekapenya. Katanya sih tikus gak suka sama baunya yang tajam.


3. Memelihara jangkrik. Ternyata tikus gak suka sama suara jangkrik..menurut mereka itu mirip suara ular (darimana miripnya ya?).

4. Memelihara kucing si predator alami tikus. Ini agak susah...saya sama suami gak telaten miara binantang.

5. Nah ini cara yang agak mahal, pake alat pengusir tikus yang memanfaatkan gelombang ultrasonik.

Dari beberapa cara tersebut kayaknya sih saya mau coba cara pertama dulu...plus memanfaatkan jebakan tikus dan juga lem tikus. Plusss saya juga akan "memaksa" suami untuk masang ram di beberapa lokasi saluran air dan kembali inspeksi loteng. Kali-kali ada lubang baru yang gak keliatan. Semoga si tikus cepet keluar rumah...aamiin!


1 comment:

  1. terimakasih Gan ats infonya



    by

    jasa buat jual rumah kayu,gazebo kayu,villa kayu,jual joglo dll.

    http://www.rumahkayu1.wordpress.com

    http://www.ramasingkawang.web.id

    ReplyDelete