Tuesday, October 16, 2012

Topi Pak Koko

Di sebuah sungai yang jernih, hiduplah seekor kodok bernama Pak Koko. Pak Koko memiliki sebuah benda kesayangan yang selalu ia gunakan setiap hari, yaitu topi. Semua penduduk kolam pun heran dibuatnya.

Ia memakai topinya ketika jalan-jalan.

Ia memakai topinya ketika menyanyi di atas daun teratai

Ia memakai topinya ketika mengunjungi keluarga ikan mas di dalam sungai.

Ia memakai topinya ketika tidur...bahkan ketika sedang mandi!

Suatu hari datang sebuah angin yang kencang! Semua hewan di kolam langsung berlindung di balik bendungan yang sudah dibangun para berang-berang. Tapi sayang anginnya terlalu kencang, sehingga topi Pak Koko ikut terbawa hembusan angin dan tersangkut di atas pohon.

"Tolong! Topiku tersangkut di atas pohon!" teriaknya. Mengetahui hal itu, hewan-hewan lain berusaha membantunya. Mereka mencoba mengambil topi dengan saling menggendong, dengan galah...tapi sayang usaha itu gagal.

Beruntung seekor burung merpati lewat di atas kolam, seketika Pak Koko langsung meminta pertolongannya. "Tolong aku burung merpati...topiku tersangkut di atas pohon." pinta Pak Koko. Mendengar itu burung merpati langsung mengambilkan topi itu dan memberikannya kepada Pak Koko. "Terima kasih burung merpati!" ucap Pak Koko.
"Tapi kenapa topi kumal ini terlihat begitu penting untukmu?" tanya burung merpati.
"Topi ini sudah melindungiku dari panasnya matahari dan juga derasnya hujan...tanpanya mungkin aku sering jatuh sakit akibat kepanasan atau kehujanan. Topiku selalu setia padaku dan juga menjagaku." jawab Pak Koko Sambil menepuk-nepuk topinya.

Mendengar hal itu hewan-hewan di kolam akhirnya mengerti, mengapa Pak Koko selalu memakai topi.

@mie 2012

No comments:

Post a Comment